Tipes atau thypus yaitu penyakit infeksi bakteri pada usus halus, dan kadang-kadang pada aliran darah yang disebabkan oleh kuman salmonella typhi atau salmonella paratyphi a, b serta c, tak hanya ini bisa juga mengakibatkan gastroenteritis ( keracunan makanan ) serta septikemia ( tidak menyerang usus ).
Kuman tersebut masuk melewati saluran pencernaan, sesudah berkembang biak kemudian menembus dinding usus menuju saluran limfa, masuk ke dalam pembuluh darah pada waktu 24-72 jam. Selanjutnya bisa berlangsung pembiakan di sistem retikuloendothelial serta menyebar kembali ke pembuluh darah yang bisa menyebabkan beragam tanda-tanda klinis.

Di indonesia, diperkirakan antara 800 – 100. 000 orang terkena penyakit tipes atau demam tifoid selama per tahun. Demam ini terlebih nampak di musim kemarau serta konon anak anak, wanita seringkali diserang, diperkirakan angka perihal penyakit ini yaitu 300 – 810 masalah per 100. 000 penduduk/tahun. Insiden paling tinggi diperoleh pada anak-anak, peningkatan masalah sekarang ini berlangsung pada umur di bawah 5 th.

Orang dewasa kerap alami infeksi mudah serta pulih sendiri lantas jadi kebal. Insiden pasien berusia 12 th, keatas yaitu 70 – 80%. Pasien usia pada 12 serta 30 th, yaitu 10 – 20%. Pasien pada 30 – 40 th, yaitu 5 – 10%. Serta cuma 5 – 10%, di atas 40 th.
Dinegara indonesia penyakit ini dikenal dengan nama tipes atau thypus, namun didalam dunia kedokteran dimaksud TYPHOID FEVER atau THYPUS ABDOMINALIS, dikarenakan terkait dengan usus pada perut.

Ciri-ciri umum penyakit tipes ini bisa di lihat seperti:

  1. Demam dengan panas yang makin lama makin tinggi, gejala ini biasanya terjadi pada minggu kedua dan ketiga selam 7-10 hari dan baru turun perlahan-lahan pada minggu keempat.
  2. Selama demam tinggi penderita biasanya sering mengigau, dan ingatannya menurun atau tidak dapat berfikir secara jelas.
  3. Hilangnya nafsu makan, sehingga menyebabkan badan terasa lemas dan berat badan berkurang.
  4. Otot terasa nyeri
  5. Buang air besar tidak teratur, sembelit dan diare.
  6. Sakit kepala yang hebat, menggigil dan keluar keringat dingin.
  7. Mual, muntah-muntah, dan perut terasa sakit.
  8. Batuk dan perdangan pada cabang tenggorokan.
  9. Timbul beberapa bercak kecil berwarna merah dadu di daerah dada dan perut.