Eksim atau eczema adalah istilah umum untuk jenis penyakit kulit yang disebabkan oelh macam-macam sebab, dengan gambaran kelainaan kulit ( basah atau kering) yang bermacam-macam pula. Ada eksim yang disbabkan alergi kulit karena tersentuh zat kimia tertentu, ada yang karena sinar matahari, ada yang timbul dilokasi yang khas akibat makan obat tertentu, ada yang disebabkan oleh tekanan psikis, dan ada juga yang penyebabnya tidak jelas. Eksim terbagi menjadi dua bentuk, eksim kering (neurodermatitis) adalah penebalam kulit diertai relief yang nyata. Dan eksim basah (dermatitis numularis) ditandai oleh bercak berisisk, berbentuk bulat, berbatas tegas, berbintil-bintil yang ada airnya dan terasa sangat gatal dengan lokasi paling sering pada bagian punggung dan dada.

Penyebab Penyakit Eksim

Dalam kedokteran penyakit eksim belum bisa diketahui akan penyebab yang terjadi, namun dimngkinkan penyebabnya adalah adanya aktifitas daya tahan tubuh yang berlebihan. Hal ini akan menyebabkan tubuh mengalami reaksi berlebihan dan timbullah bakteri dan iritasi pada kulit. Orang-orang yang sering mengalami penyakit eksim lebih banyak kepada keluarga yang mempunyai alergi atau bersifat menurun.

Di berbagai daerah, penyakit eksim mempunyai pengertian yang berbeda-beda. Ada yang disebabkan karena pengaruh sabun atau deterjen sehingga akan merasa gatal yang berlebihan. Ada juga yang menyebutkan penyakit eksim disebabkan karena bahan  atau alat-alat rumah tangga lainya. Sedangkan untuk gejalanya juga mempunyai banyak fersi. Ada gejala rasa gatal ringan tapi terasa panas atau sebaliknya. Rasa gatal karena infeksi pada saluran pernapasan. Atau gejala-gejala lainnya yang membuat lebih memburuk penderita.