Mengenal apa itu darah tinggi

Penyakit darah tinggi atau bisa disebut nuga Hipertensi adalah suatu keadaan di mana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah di atas normal yang ditunjukkan oleh angka systolic (bagian atas) dan angka bawah (diastolic) pada pemeriksaan tensi darah menggunakan alat pengukur tekanan darah baik yang berupa cuff air raksa (sphygmomanometer) ataupun alat digital lainnya.

Bila seseorang mengalami tekanan darah tinggi dan tidak mendapatkan pengobatan dan pengontrolan secara teratur (rutin), maka hal ini dapat membawa si penderita kedalam kasus-kasus serius bahkan bisa menyebabkan kematian. Tekanan darah tinggi yang terus menerus menyebabkan jantung seseorang bekerja extra keras, akhirnya kondisi ini berakibat terjadinya kerusakan pada pembuluh darah jantung, ginjal, otak dan mata. Penyakit hypertensi ini merupakan penyebab umum terjadinya stroke dan serangan jantung (Heart attack).

Penyakit darah tinggi atau Hipertensi dikenal dengan 2 type klasifikasi, diantaranya Hipertensi Primary dan Hipertensi Secondary:

Hipertensi Primary Hipertensi Primary adalah suatu kondisi dimana terjadinya tekanan darah tinggi sebagai akibat dampak dari gaya hidup seseorang dan faktor lingkungan.
Hipertensi Secondary Hipertensi secondary adalah suatu kondisi dimana terjadinya peningkatan tekanan darah tinggi sebagai akibat seseorang mengalami/menderita penyakit lainnya seperti gagal jantung, gagal ginjal, atau kerusakan sistem hormon tubuh…….informasi obat alami untuk darah tinggi yang mujarab klik disini

Penyebab Darah tinggi atau Hipertensi
Penggunaan obat-obatan seperti golongan kortikosteroid (cortison) dan beberapa obat hormon, termasuk beberapa obat antiradang (anti-inflammasi) secara terus menerus (sering) dapat meningkatkan tekanan darah seseorang. Merokok juga merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya peningkatan tekanan darah tinggi dikarenakan tembakau yang berisi nikotin. Minuman yang mengandung alkohol juga termasuk salah satu faktor yang dapat menimbulkan terjadinya tekanan darah tinggi. Jangan remehkan sakit kepala. Sakit kepala mungkin merupakan gejala hipertensi.Tekanan darh tinggi dapat menyebabkan sakit kepala yang menghantam. Sakit kepala biasanya dimulai dibagian belakang kepala sewaktu bangun dipagi hari.

Kumpulan Tips-tips dan resep Pencegahan dan pengobatan penyakit darah tinggi atau Hipertensi


Penderita darah tinggi harus memastikan setidaknya 8 jam tidur nyenyak, karena istirahat adalah aspek penting dari pengobatan. Paling penting dari semua itu, pasien hendaknya menghindari ketegangan, kekhawatiran, kemarahan dan tergesa-gesa yang berlebihan. Orang yang memiliki hipertensi harus mencoba ceria dan mengembangkan pikiran puas. Penyembuhan alami akan membutuhkan waktu tetapi itulah cara yang terbaik yang paling aman untuk menghilangkan penyakit ini.

Penelitian terbaru telah mengungkapkan hubungan penting antara diet kalsium dan potassium dengan hipertensi. Para peneliti telah menemukanbahwa orang-orang yang dapat melakukan diet kaya potassium mempunyai insiden hipertensi rendah bahkan walaupun mereka tidak mengontrol asupan garam mereka. Mereka juga menemukan bahwa orang-orang dengan hipertensi tanpaknya tidak mendapatkan banyak kalsiun dalam bentuk produk susu. Kedua nutrisi penting ini tanpaknya membantu tubuh membuang kelebihan natrium dan terlibat dalam fungsi-fungsi penting yang mengendalikan kerja dari system vaskuler. Potasium banyak terdapat dalam buah-buahan dan sayur-sayuran seperti semangka, alpukat, melon, buah pare, labu siam, bligo, labu parang/labu, mentimun, lidah buaya, seledri, bawang dan bawang putih. dan kalsium terdapat dalam produk susu.…….informasi obat alami untuk darah tinggi yang mujarab klik disini

  • 3. buah-buahan sederhana untuk mengontrol Hipertensi

Indian gooseberry (amla) adalah makanan obat efectif lain untuk tekanan darah tinggi. Satu sendok makan penuh jus amla segar dicampur dengan madu hendaknya dikomsumsi setiap pagi dalam kondisi ini. Lemon juga dipandang sebagai makanan yang bagus untuk mengontrol tekanan darah tinggi. Buah ini sumber vitamin yang kaya baik dalam jus dan kulit buahnya. Vitamin ini penting untuk mencegah kerapuhan kapiler.

Seseorang yang mengidap penyakit darah tinggi sebaiknya mengontrol diri dalam mengkonsumsi asin-asinan garam, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk pengontrolan diet sodium/natrium ini ;
- Jangan meletakkan garam diatas meja makan
- Pilih jumlah kandungan sodium rendah saat membeli makan
- Batasi konsumsi daging dan keju
- Hindari cemilan yang asin-asin
- Kurangi pemakaian saos yang umumnya memiliki kandungan sodium

  • 4. Minyak Zaitun sebagai penurun tekanan darah tinggi

Sebuah studi yang dilakukan oleh Dr. Aldovaroro di Universitas Napoli Italia dan dipublikasikan dalam Majalah Archives of Internal Medicine, tanggal 27 maret 2000, telah diadakan studi terhadap 32 pasien yang tekena penyakit tekanan darah tinggi dan mereka itu mengkomsumsi obat-obatan untuk darah tinggi. Hasil studi menunjukkan penurunan tekanan darah dalam kadar 7 poin dikalangan mereka yang mengkomsumsi minyak zaitun.

  • 5. Pengobatan/Resep Tekanan Darah tinggi dengan Methode Islami

Dilakukan pembekaman ditengah kepala, tengkuk dan akhda’ain ditambah Talbinah + madu setiap hari tiga kali dan minum sesendok minyak Habbatussauda sebelum makan pagi.

Sumber: Keajaiban Thibbun Nabawi (Daru ‘sh-shohifah), penyakit darah tinggi (infopenyakit.com), 365 rahasia hidup sehat (New diglossia)…….informasi obat alami untuk darah tinggi yang mujarab klik disini